Bahaya Obesitas


Di jaman sekarang, semakin banyak orang yang mengalami permasalahan dengan kegemukan, itu sebabnya pusat dan obat pelangsingan semakin laku di pasaran. Orang yang memiliki berat badan 10-19% di atas berat badan ideal dikategorikan sebagai kegemukan, sementara berat badan di atas 20% dari berat badan ideal dikategorikan sebagai obesitas.

Tahukah Anda, obesitas dikategorikan sebagai penyakit? Selain itu, orang yang obesitas memiliki risiko tinggi terkena berbagai penyakit. Orang yang obesitas tiga kali lebih tinggi berisiko terserang penyakit jantung, lima kali berisiko terkena diabetes, empat kali lebih berisiko menderita tekanan darah tinggi, dan lebih berisiko terkena kanker dalam berbagai bentuk, dan penyakit-penyakit lainnya.

Orang yang obesitas adalah seperti orang yang duduk di atas sebuah bom yang sewaktu-waktu dapat meledak di sepanjang hidupnya. Selain itu, orang yang gemuk seringkali mengalami tekanan psikologis dari lingkungan dan perasaan tidak nyaman setiap saat.

Apa penyebab obesitas? Penyebab utama obesitas adalah kalori yang berlebihan. Jadi, belum tentu orang yang banyak makan akan mengalami kegemukan jika pilihan makanannya bukan yang berkalori tinggi, serta kalori yang ia gunakan seimbang dengan yang dia masukkan. Sederhana, bukan?

Berikut tips untuk menjaga berat badan Anda terjaga secara permanen:
1.Makanlah makanan yang alami dari dunia tumbuhan dan pemrosesannya seminimal mungkin. Makanan ini adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, kaya akan nutrisi, kaya serat, namun rendah kalori dan tidak berkolesterol.
2.Jangan lupa makan pagi yang sehat, seperti sereal alami dan buah-buahan segar.
3.Makanlah secara teratur dan hindari cemilan di antara jam makan.
4.Hindari makanan penutup yang kaya akan gula, seperti es krim, kue, pudding, dll.
5.Hindari makan di malam hari minimal dua jam sebelum tidur.
6.Minumlah air putih yang cukup, hindari semua minuman bersoda, kopi, teh dan minuman yang manis-manis lainnya.
7.Olah raga teratur setiap hari, cukup ½ hingga 1 jam, carilah kegiatan yang tidak membuat Anda bosan.