Do All To The Glory of God (Lakukan Semuanya untuk Kemuliaan Tuhan)

“Setiap orang akan menyadari betapa pentingnya kesehatan ketika mereka sakit". Itulah salah satu kalimat pembuka yang diucapkan oleh Ibu Liong Pit Lin, pendiri Club Sehat, narasumber seminar kesehatan kita adakan pada hari Jumat-Senin, 11-14 Maret 2011 yang lalu. Untuk pertama kali dalam sejarah, Krispen mengadakan seminar selama empat hari berturut-turut mengenai kesehatan. Latar belakang diadakannya seminar ini adalah banyak anak-anak Tuhan yang menganggap remeh pola hidup sehat, sehingga area yang satu ini sering terabaikan. Padahal Tuhan dengan jelas berkata dalam firmanNya bahwa kita harus memuliakan Dia dengan tubuh kita (I Korintus 6:20). 

Jumlah kehadiran jemaat yang tidak begitu ideal di hari pertama karena hujan deras tidak menyurutkan semangat Ibu Liong Pit Lin untuk membagikan kebenaran tentang kesehatan yang berdasar kebenaran Firman Tuhan kepada jemaat. Berbekal pengalaman pribadinya yang disembuhkan Tuhan dari 3 jenis sakit kanker stadium 4 (payudara, rahim, tulang belakang) melalui perubahan pola hidup sehat yang menginspirasi serta studi dan referensi pengetahuannya yang luas mengenai dunia kesehatan, para jemaat tampak antusias dan semangat menyimak semua pelajaran.


Pada hari pertama, setelah membuka seminar dengan kesaksian hidupnya Ibu Liong Pit Lin menjabarkan jenis-jenis makanan dan minuman yang seharusnya kita hindari karena tidak mengandung nutrisi yang baik dan seimbang sesuai kebutuhan tubuh. Berbasis dari firman Tuhan di Alkitab, Ibu Liong Pit Lin juga menguraikan jenis makanan sehat yang tubuh kita perlukan. “Kita makan untuk hidup… tubuh kita adalah rumah Tuhan..” adalah beberapa kalimat yang Ibu Liong Pit Lin tekankan, supaya dengan demikian jemaat waspada terhadap segala asupan makanan mereka, apakah hal itu memberikan kehidupan (kesehatan) atau justru kematian (sakit penyakit). Dengan tubuh yang sehat oleh pola hidup serta makan yang sehat, kita berarti memuliakan Tuhan dengan tubuh kita (1 Korintus 10:31).

Seminar hari pertama meninggalkan kesan yang begitu mendalam bagi jemaat yang hadir, sehingga mereka kemudian mengajak jemaat lainnya untuk hadir pada seminar hari kedua. Meskipun hujan deras mengguyur, jumlah peserta yang hadir di hari ke kedua meningkat. Dalam tema seminar "God's Healing Way" (Cara Penyembuhan Tuhan), dengan keterbatasannya Ibu Liong Pit Lin tetap tampil prima menjabarkan kebenaran tentang kesehatan. Satu kebenaran yang menarik adalah bahwa makanan-makanan alami ciptaan Tuhan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan juga berfungsi sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.


Seminar pada hari ketiga dilakukan pada jam ibadah di setiap kelompok usia, dengan tema "Healthy, Happy & Holy" (Sehat, Bahagia & Kudus). Tanpa kenal lelah, Ibu Liong Pit Lin menyampaikan cara-cara praktis yang bisa dilakukan untuk membangun pola hidup sehat (dikenal dengan singkatan nama NEW START). Selain mengkomsumsi makanan yang bernutrisi, jemaat juga diajak untuk berolah raga teratur serta melepaskan pengampunan pada orang-orang yang dibenci karena kepahitan dapat menyebabkan penyakit. Dalam menyampaikannya, Ibu Pit Lin selalu memberikan fakta sehari-hari serta tips-tips praktis yang dekat dengan kehidupan jemaat. Hal ini memudahkan para jemaat untuk mengaplikasikannya ke dalam hidup mereka. Kesimpulannya, kita tidak akan memiliki pola hidup yang sehat hanya dengan satu cara saja tapi harus melakukan semuanya dengan seimbang.  


Hari Keempat adalah “The Art of Healthy Cooking” (Seni Memasak Sehat). Selain mendemonstrasikan cara mengolah makanan sehat, Ibu Liong Pit Lin beserta tim berbaik hati memasakkan aneka resep masakan sehat dan membagikannya kepada para peserta. Istilahnya, melalui seminar ini para peserta mendapatkan ilmu sekaligus merasakan sendiri ilmu tersebut. Di luar dugaan, Seni Memasak Sehat dihadiri oleh 120 orang peserta yang sebelumnya harus mendaftarkan diri mereka dahulu. Pendaftar bukan hanya mayoritas ibu-ibu saja, melainkan banyak juga orang muda dan  pria yang hadir. Efek dari seminar pada hari-hari sebelumnya begitu terlihat dari antusiasme jemaat pada hari keempat. Berkat totalitas tim Ibu Liong Pit Lin dan juga bantuan ibu-ibu Krispen, acara memasak berlangsung lancar dan sukses. Satu fakta terbuka pada acara kali ini, yakni ternyata makanan sehat itu selain murah juga enak. Ya, siapa bilang sehat itu mahal? Sehat itu murah! Demikian kata Ibu Liong Pit Lin.

Jika Anda (jemaat) tidak dapat menghadiri seminar kesehatan yang lalu dan ingin memiliki seluruh rekaman DVD Seminar Kesehatan dari hari pertama hingga terakhir, Anda dapat memesan paket DVD nya kepada Sdri. Merry dengan harga Rp.25.000,- saja (jak)